Monday, November 28, 2016

Gaya Modifikasi OEM


Bermacam aliran modifikasi mobil bisa kita pilih sesuai selera dan karakter pemiliknya. Yang pasti dengan melakukan modifikasi tunggangan harian akan tampil beda dan tidak akan dicap pasaran. Apalagi untuk desain pabrikan mobil yang alakadarnya sehingga tampilan mobil terlihat terlalu polos.

Di tanah air banyak sekali tema modifikasi yang ditempuh, stance dan racing style menjadi gaya yang paling banyak ditemui hingga akhir 2016 saat ini. Gaya modifikasi ini merebak luas seiring tren modifikasi di Jepang dan Amerika sebagai rujukan utama modifikasi. Nah belakangan muncul juga aliran Rally Style yang terinspirasi gaya-gaya mobil rally untuk diterapkan sebagai dandanan mobil harian.

Namun tahukah Anda bahwa diantara gaya-gaya modifikasi tersebut, ada beberapa penikmat modifikasi otomotif yang melakukan ubahan tanpa merombak kenyamanan pengemudi karena memang digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Inilah aliran modifikasi bergaya OEM (Original Equipment Manufacturer/ Asli Bawaan Pabrik). 

Salah satu ciri yang bisa dilihat adalah rongga kolong fender yang dibiarkan menganga sesuai konstruksi pabrikan walaupun keseluruhan bodi terlihat telah ada sentuhan modifikasi, berbeda dengan kondisi asli bawaan pabrik.. Bagi beberapa kalangan, kondisi tersebut dianggap tabu karena dinilai kurang ganteng, namun bagi pemuja gaya modifikasi OEM inilah yang mereka butuhkan untuk kebutuhan hariannya.

Ya balik lagi, gaya modifikasi itu memang hak asasi setiap orang. Masing-masing bebas memilih gaya dan tema apa yang diusungnya. Karena Anda adalah apa yang Anda kendarai... setuju?

Berikut beberapa gaya modifikasi OEM yang saya temui di Bandung :

KIA RIO tipe SSR : Dealer Resmi KIA di Bandung bekerja sama dengan sebuah bengkel modifikasi (Signal) untuk mendesain ulang KIA Rio agar terlihat lebih menarik. Dengan ubahan minimalis tampilannya disulap menjadi lebih ganteng.
Mazda 2 milik Vitha asal Bandung ini terlihat lebih menarik setelah menerapkan sedikit ubahan di bagian bodi. Guratan grafis di sekujur tubuh di desain ulang agar lebih sporty. Spoiler kecil melengkapi konsep modifikasinya, kaki-kaki hanya mengganti velg yang sesuai tema modifikasi, per tetap dibiarkan standar agar tetap nyaman kalau touring jauh bersama komunitasnya. 

Tergabung dalam komunitas Neo Karimun Club Bandung, Reiziel Hasya bisa bikin Karimun Estilo ini terlihat "kurang ajar". Gimana ga kurang ajar, di mana coba bisa nyari pelek begitu? Konsepnya adalah OEM Maruti Zen versi India. Kategorinya memang mobil murah, tapi orang yang ngelirik enggak bakal ngecap selera modifikasinya murahan. 
Muncul penampakannya di Sumedang Jawa Barat, OEM Japan. Ada yang tau apa saja??


Honda Brio R-Kups Bandung, walaupun sudah menggunakan lowering kit Eibach part-part OEM ori dari mobil lain menjadi materi modifikasi.

Demikianlah beberapa contoh gaya-gaya modifikasi OEM, terkesan simpel dan sederhana. Tidak terlihat ekstrim dan menonjol, namun punya gaya yang khas dan tidak semua orang bisa mengikuti. Karena beberapa part yang ditempel adalah rare item. Tampil dengan modifikasi OEM mengedepankan sisi orisinalitas, tampilan unik namun menggarapnya susah-susah gampang. Nyari partnya yang langka itu syusyah Bro....




----------
Mau respon tenaga lebih enteng dan menghemat bahan bakar tanpa menggugurkan garansi?
pasang RR POWER saja.

Apa itu RR Power? klik 

No comments:

Post a Comment